Kegiatan Penelitian Mahasiswa MBKM bersama dengan Dosen SI UAA dan Dosen ARS UAA di Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul

Kegiatan Penelitian Mahasiswa MBKM bersama dengan Dosen SI UAA dan Dosen ARS UAA di Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul

Dosen Program Studi Sistem Informasi, Dadang Heksaputra, S.Kom., M.Kom. melakukan perizinan penelitian di Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Senin (3/8). Di hadapan staf biro administratif umum memaparkan kegiatan penelitian Analisis Persebaran Angka Kematian Ibu Hamil Berbasis WEB-GIS Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Criteria Decision Making (FMCDM) di Daerah Yogyakarta.

Disampaikan Dadang Heksaputra di awal penelitian, output penelitian akan menghasilkan dua publikasi dan satu hak cipta. Output tersebut telah publish di jurnal nasional terakreditasi Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI) dan Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology Vol.7 – Issue 12 (December- 2020) serta hak cipta dengan nomor pencatatan 000206359‬.

Angka Kematian Ibu (AKI) bukannya menurun, akan tetapi justru meningkat dari 228 per-1000 kelahiran hidup di tahun 2007 berdasarkan data Indonesia Demographic and Health Survey (IDHS) pada tahun 2008 menjadi 359 per-1000 kelahiran hidup di tahun 2013 berdasarkan data Indonesia Demographic and Health Survey (IDHS) pada tahun 2013 dan menjadi 305 per 1000 kelahiran hidup pada tahun 2015 dari Survei Penduduk Antar Sensus tahun 2015. Penelitian sistem informasi geografis untuk pemetaan sebaran angka kematian ibu (AKI) dengan platform web menggunakan pengolahan data fuzzy multiple criteria decision making. Sistem mempunyai keterbaruan dalam hal pengelola data, dan visualisasi data. Sistem menggunakan web untuk memetakan persebaran AKI di Yogyakarta pada tahun 2019. Metode digunakan dalam pengelolaan data menggunakan analithic hierarchy process. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran peta visual persebaran AKI di Yogyakarta pada tahun 2019. Sebaran visualisasi data angka kematian ibu 2019 menggunakan data demografi wilayah dan beberapa indikator informasi mengenai ibu tersebut.

0 Comments

Leave a reply

Open chat