UAA Yogyakarta dan UKM Bangi Tandatangani MoU untuk Wujudkan World Class University

UAA Yogyakarta dan UKM Bangi Tandatangani MoU untuk Wujudkan World Class University

Prodi Sistem Informasi — Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta dan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dari Bangi, Selangor, Malaysia, telah menjalin kerjasama yang kuat dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Selasa, 5 Maret 2024. Langkah ini menandai komitmen UAA sebagai World Class University (WCU) yang berkontribusi secara positif bagi masyarakat.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Rektor UAA, Prof. dr. H Hamam Hadi, MS, ScD, SpGK, dan Vice-Chancellor Universiti Kebangsaan Malaysia, Prof Dato’ Gs Ts DR Moch Ekhwan bin Hj Toriman.

Prof. Hamam Hadi menjelaskan bahwa kerjasama ini memberikan kesempatan bagi semua fakultas Universitas di Jogja untuk mengembangkan akademik dan riset, serta berharap hasilnya akan bermanfaat secara luas bagi masyarakat. Kerjasama antara UAA dan UKM telah dimulai sejak satu tahun terakhir melalui kegiatan penelitian dan publikasi bersama, dan dengan penandatanganan MoU ini, diharapkan kerjasama antar bangsa ini akan menjadi lebih produktif.

Lebih lanjut, Prof. Hamam menjelaskan bahwa pilihan UAA untuk bermitra dengan UKM didasarkan pada reputasi UKM sebagai salah satu universitas negeri terkemuka di Malaysia. UKM menduduki peringkat 159 dalam QS World University Rankings 2024, peringkat 28 dalam QS World University Rangking Asia, dan termasuk dalam lima besar universitas terbaik di Malaysia.

Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) didirikan pada tahun 1970 dengan tujuan memberikan pendidikan tinggi untuk orang Melayu. Seiring berjalannya waktu, UKM telah dianugerahi sebagai “Universitas Riset Malaysia” oleh Kementerian Pendidikan Tinggi pada tahun 2006, serta memenangkan Penghargaan Kualiti Perdana Menteri, menunjukkan komitmennya untuk menjadi terdepan dalam pendidikan dan manajemen.

Penandatanganan MoU antara UAA dan UKM merupakan bagian dari upaya UAA untuk menjadi World Class University (WCU), dengan sebelumnya menjalin kerjasama dengan universitas di Amerika Serikat, Taiwan, Filipina, dan Thailand. Kali ini, UAA menggandeng kerjasama dengan beberapa universitas top di Malaysia, termasuk UKM, sebagai langkah strategis dalam mencapai tujuan tersebut.

UAA Yogyakarta, yang terletak di kota Jogja, telah menjadi salah satu pusat pendidikan unggulan di Indonesia. Dengan penandatanganan MoU ini, UAA semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu universitas terkemuka di wilayah tersebut.

sumber: https://www.jogpaper.net/wujudkan-wcu-uaa-tandatangani-mou-dengan-universiti-kebangsaan-malaysia/

Open chat