Survei UMKM di Dusun Santan Sekaligus pendaftaran Gmaps dan E-commerce

Survei UMKM di Dusun Santan Sekaligus pendaftaran Gmaps dan E-commerce

Dalam upaya mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN-T) Universitas Alma Ata telah meluncurkan inisiatif menarik. Mereka tidak hanya melakukan survei terhadap UMKM di sekitar wilayah mereka, tetapi juga membantu mendaftarkan bisnis-bisnis tersebut ke Google Maps dan platform e-commerce. Langkah ini bertujuan untuk membuka peluang bisnis yang lebih luas bagi para pelaku UMKM.
Dalam pelaksanaan program kerja ini kita membagi tim menjadi 2 tim, yaitu tim pertama bergerak di wilayah RT 01-O2 dan untuk tim kedua bergerak di RT 03-04, pembagian kelompok ini guna mengefektifkan waktu dan guna mempercepat program kerja ini.
Proses dimulai dengan melakukan survei mendalam terhadap UMKM di Dusun Santan. Mahasiswa mengumpulkan informasi tentang jenis usaha, lokasi, dan kontak yang diperlukan untuk mendaftarkan mereka ke platform digital. Setelah itu, mereka bekerja sama dengan pemilik UMKM untuk mengumpulkan data yang diperlukan dan melengkapi proses pendaftaran.
“Dengan adanya ini semoga usaha saya semakin ramai dan banyak diliat di Sebagian orang, semoga dapat meningkatkan usaha di dusun santan, terimakasih semoga program kerja ini dapat meningkatkan umkm ya.” ujar ibu Ramini
Dalam proses ini mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata Kelompok 2 ini, mendapatkan hasil yaitu terdapat pelaku 34 UMKM mikro dan makro di dusun santan.

Open chat