Meningkatkan minat belajar melalui Multimedia Interaktif

Meningkatkan minat belajar melalui Multimedia Interaktif

“Meningkatkan minat belajar melalui Multimedia Interaktif “

Photo by Karolina Grabowska

Multimedia pembelajaran interaktif adalah program pembelajaran kombinasi text, gambar, video, animasi dll, yang terpadu dengan bantuan komputer digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan pengguna dapat berinteraksi dengan program secara aktif. Bahwa multimedia adalah kombinasi teks, grafik, suara, animasi dan video. Bila pengguna mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol maka hal ini disebut multimedia interaktif. Menyatakan bahwa pengembangan multimedia interaktif mengacu pada ketentuan:

  1. akan digunakan oleh siswa,
  2. diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan skill dan sikap positif siswa,
  3. harus sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mata pelajaran,
  4. mencakup tujuan kegiatan pembelajaran yang spesifik,
  5. mencakup materi pembelajaran secara rinci dan kegiatan dan latihan untuk mendukung ketercapaian tujuan,
  6. terdapat evaluasi sebagai umpan balik (self evaluation) dan alat untuk mengukur keberhasilan mahasiswa sesuai dengan pendekatan belajar tuntas (mastery learning), 
  7. dikembangkan sesuai kaidah-kaidah pengembangan multimedia interaktif dengan sajian interaktif dengan kadar interaktivitas yang lebih tinggi.

Meningkatkan minat belajar melalui Multimedia Interaktif dan berikut Aplikasi Untuk Membuat Media Pembelajaran Interaktif Audio Visual :

  1. Kahoot (membuat kelas digital)
  2.  Google Classroom (membuat kelas digital)
  3. Microsoft Teams (membuat kelas digital)
  4. LMS Canvas (membuat kelas digital)
  5. Quora (membuat kelas digital)
  6. Open Study (membuat kelas digital)
  7. Lectora (membuat kelas digital)

baca juga; 7 Perbedaan SSD dengan HDD

Bentuk-bentuk pemanfaatan model-model multimedia interaktif berbasis komputer dalam pembelajaran dapat berupa drill, tutorial, simulasi, dan games. Multimedia interaktif dikembangkan berdasarkan prosedur penelitian dan pengembangan model ADDIE dengan langkah – langkah sebagai berikut:

  1. Analisis,
  2. Desain,
  3. Pengembangan,
  4. Implementasi, 
  5. Evaluasi.

Ciri multimedia interaktif :

  1. Dilengkapi dengan beberapa navigasi yang disebut Graphical User Interface (GUI)
  2. Adanya icon maupun button.
  3. Adanya pop-up menu.
  4. Adanya scroll bar.
  5. Dapat dioperasikan oleh user untuk sarana browsing ke berbagai jendela informasi dengan bantuan sarana hyperlink.

Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran harus dirancang sedemikian rupa secara sistematis agar memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara mandiri sesuai dengan percepatan pembelajaran masing-masing dan agar peserta didik dapat belajar secara efektif dan efisien. Strategi pembelajaran bermedia komputer pada dasarnya adalah suatu strategi yang diterapkan agar materi pembelajaran menjadi lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Efektivitas pemanfaatan tutorial interaktif ini dalam pembelajaran terjadi karena program ini dirancang berdasarkan tujuan instruksional dibuat secara jelas dan dapat diukur sehingga dalam proses pembelajaran membantu menentukan aktivitas yang tepat dan membantu siswa untuk menunjukkan topik yang penting. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pemanfaatan multimedia interaktif dalam pembelajaran dapat menjadi solusi dalam membantu kesulitan-kesulitan guru dan siswa dalam pembelajaran, karena dapat meningkatkan hasil belajar, meningkatkan konsistensi siswa dalam belajar dan hasil belajar dapat bertahan lebih lama dalam memori siswa. Multimedia interaktif juga memungkinkan siswa untuk dapat berinteraksi dengan dengan media ”interaksi adalah suatu fitur yang menonjol dalam multimedia yang memungkinkan pembelajaran yang aktif (active learning). Pembelajaran yang aktif tidak saja memungkinkan siswa (pengguna) melihat atau mendengar (see and hear) tetapi juga melakukan sesuatu (do). Dalam konteks multimedia disini dapat berupa: memberikan respon terhadap pertanyaan yang diajukan komputer atau aktif dalam simulasi yang disediakan komputer”. Kekurangan dari penggunaan multimedia interaktif adalah biaya yang relatif mahal pada tahap pertama pembuatan media pembelajaran, minimnya kemampuan guru dalam penggunaan multimedia, kurangnya perhatian dari pemerintah, dan fasilitas pembuatan multimedia yang belum memadai.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar dunia teknologi bisa mampir ke prodi S1 informatika  dan S1 sistem informasi terbaik di universitas alma ata yogyakarta”:

Refrensi

Alessi & Trollip. 1991. Computer Based Instruction – Methods and Development, 2nd ed., Prentice-Hall, Englewood Cliffs, NJ

Open chat